100 Blog Indonesia Terbaik
IP

MerDeKa...

GREEN AND CLEAN

On: Selasa, 21 Oktober 2008


Green and Clean ini adalah suatu gagasan dari pemda kota Makassar yang bertujuan untuk menanggulangi persampahan di kota Makassar. Sehingga kota ini menjadi bersih, indah, bebas dari sampah yang berserakan dan bertumpuk yang bisa mendatangkan berbagai macam penyakit. Demikian pula penghijauan lingkungan sangat baik untuk mencegah irosi dan juga sekali gus sebagai obat bagi kehidupan manusia sebab zat asam yang kita hidup dan zat asam arang yang kita buang waktu bernafas dapat disekap oleh tumbuh-tumbuhan.
Sehingga dengan keluarnya perda nomor 14 tahun 1999 tentang kebersihan di kota makassarperlu didukung oleh seluruh lapisan masyarakat yang cinta kepada kebersihan dan penghijauan lingkungan untuk mempercepat proses pencapaian Green And Clean Ini, Maka pada bulan agustus 2008 ini pemerintah kota Makassar mengadakan lomba antar RW se-Makassar dimana hasil penilaian itu Kelurahan Anyer menduduki peringkat I dan II sedangkan RW.07 yang di Kel. Kassi-Kassi menduduki peringkat III.

Dapat sy tambahkan bahwa persampahan di RW.07 Kel. Kassi-Kassi kec. Rappocini tidak lagi menjadi masalah. Karena sampah-sampah itu ada sampah yang kering dan juga sampah basah. Sampah basah itu dapat dimasukkan dalam Kompos, diolah dan menghasilkan pupuk yang sangat berguna bagi tanaman. Ini juga merupakan sumber pendapatan bagi masyarakat karena sampah-sampah yang sudah berubah menjadi pupuk yang dapat dijual kepada konsumen yang memerlukannya. Sampah basah itu seperti sampah sayur-sayuran, kulit buah-buahan, dan semacamnya.
Dimasukkan dalam kantong yang sudah dilapisi dengan pasir, tanah dan kapur, lalu ditutup. Seminggu kemudian sampah itu menjadi pupuk. Demikian pula ttg samapah kering seperti kaleng, botol, dan gelas Aqua dpt di olah kembali menjadi bermacam-macam kembang pot bunga, dsb. Jadi kalau gagasan Pemda Makassar ini dpt diketahui dan dilaksanakan seluruh warga kota Makassar saya yakin persampahan di kota ini bukan lagi menjadi masalah, bahkan bila menjadi sumber pendapatan masyarakat.
Demikian pula penghijauan lingkungan seperti di RW 07 Kelurahan Kasi-kasi pekarangan rumah yang pas-pasan juga menjadi mudah dan nyaman karena diatas mereka terpampang pot-pot bunga yang ditanami dengan tanaman toga dan kumbang yang berwarna-warni yang mengasyikan pemandangan. Semoga Green dan Clean ini dapat disosialisasikan diseluruh pelosok kota Makassar sehingga kota kita betul-betul bersih dan indah oleh tanaman dan pepohonan.

0 komentar on "GREEN AND CLEAN"

Free Iklan

BLOG TETANGGA

ffff Photobucket life Photobucket WiriZka Photobucket dsghg hasan Image Hosted by ImageShack.us fita Photobucket